Thursday, May 3, 2018

Kenapa Beban Bertambah Di Debet?"ini lah Jawaban Yang Tepat"


Penulis sangat tertarik untuk membahas pencatatan beban pada akuntansi, selama penulis kuliah banyak pertanyaan tentang pencatatan beban ini, teman-teman kuliah juga sering menanyakan hal tersebut maka dari itu penulis mulai mencari jawaban dan menganalisa sendiri.  Mungkin ada beberapa dari kalian yang masih bingung kenapa saldo normal beban itu di debet ketika bertambah dan di kredit ketika berkurang. Hal ini sangat wajar dimana yang kita tahu beban itu dapat mengurangi kas perusahaan setiap adanya pengeluaran yang berupa beban perusahaan. Contoh pengeluaran beban perusahaan seperti beban listrik, beban gaji, beban iklan, dan lain-lain.
Beban (expense) adalah pengurang dari pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih pada laporan laba/rugi.  Beban tersebut dapat diklasifikasikan sebagai perolehan pendapatan yang dapat menggambarkan laba bersih dari suatu aktivitas ekonomi pada perusahaan, sebelum kita bahas ke intinya mari simak dulu saldo normal dibawah ini.
Kalian pasti sudah tau apa itu saldo normal? tabel di atas menunjukan beban bertambah maka pencatatannya di debet sedangkan beban berkurang pencatatannya di kredit, kenapa bisa seperti itu? Ada yang sudah tau? Coba kalian baca kembali definisi beban itu apa, beban adalah pengurang dari pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih, lihat tabel saldo normal pada akun pendapatan dimana pendapatan bertambah pencatatannya di kredit sedangkan berkurang di debet, ada yang sudah mengerti sampai sini?
Ok kita lanjutkan, mengapa beban di debet jika bertambah dan sebaliknya? Karna beban akan mengurangi pendapatan, sedangkan setiap adanya pengurangan pendapatan akan dicatat pada posisi debet (lihat tabel saldo normal), jadi beban bertambah pasti akan dicatat di posisi debet yang nantinya akan mengurangi pendapatan, dimana pendapatan tersebut  akan menghasilkan laba bersih. Beban bertambah di debet, pendapatan berkurang di debet, Kedua akun beban dan pendapatan saling berkaitan dalam suatu pencatatan akuntansi.
 Mungkin seperti itu jawaban dari penulis, maaf kalau ada kesalahan, jawaban tersebut hasil analisa penulis sendiri jika kalian punya jawaban yang lain bisa share di blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.


0 komentar:

Post a Comment