Thursday, May 3, 2018

Cara Menggunakan SPSS


Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas akhirnya (Skripsi) pasti  diantara kalian pernah mengalami masalah dalam hal mengolah data SPSS untuk penelitian kalian. Masalah ini seperti hasil olahan data SPSS yang tidak signifikan atau tidak sesuai dengan metode penelitian. Disini saya akan berbagi sedikit trik memanipulasi data olahan SPSS agar signifikan sebagai berikut :

  •     Siapkan data olahan penelitian kalian yang akan di olah di SPSS ke Microsoft Office Excel.
  •     Masukan data yang sudah disiapkan ke SPSS cukup copy paste saja karna SPSS kompiteble dengan Microsoft Office excel kemudian olah data tersebut dan lihat hasilnya.
  •    Jika hasil output olahan data SPSS ada yang tidak signifikan atau semuanya tidak signifikan maka lakukanlah pengurutan data olahan yang akan dimasukan ke SPSS yang sudah disiapkan di Microsoft Office Excel tadi, urutkan data yang paling terkecil sampai terbesar semua variable penelitian kalian, biasanya trik ini dapat dilakukan untuk jenis penelitian Regresi berganda, Path Analysis dan Time Series.
  •     Kemudian olah kembali data yang sudah diurutkan tadi (data terkecil sampai terbesar) di SPSS apakah sudah signifikan semua atau hanya sebagian saja, atau mungkin malah tidak signifikan semuanya, kalian jangan khawatir ada alternative kedua.
  •    Setelah melakukan olahan data yang point 3 dan 4 masih belum puas dengan hasilnya, coba kalian urutkan salah satu variable dulu contoh variable X1 diurutkan tetapi variable X2 dan Y tidak diurutkan. Jika masih belum puas juga dengan hasilnya kalian lakukan lagi cara tersebut dengan mengganti variable yang lain yang diurutkannya dan olah kembali, atau kalian juga bisa mengurutkan 2 variable dan 1 variabelnya tidak diurutkan dapat juga kebalikannya urutkan dari yang terbesar sampai terkecil. Dari hasil eksperimen penulis langkah tersebut dapat membuat hasil data SPSS menjadi Signifikan tanpa merubah data asli dari hasil penelitiannya hanya saja membutuhkan trik untuk mengolahnya.

Note : Keberhasilan langkah tersebut tidak berlaku di setiap jenis penelitian hanya jenis penelitian tertentu saja

Sekian cara memanipulasi hasil olahan data SPSS agar signifikan semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya.


4 comments:

  1. Mau tanya kak, kalau yang di urut kan variabel x1, variabel x3 dan variabel Y gpp kah?

    ReplyDelete
  2. nah iyaa.. kalo di sort semua variabel gak sesuai data real dong. aku masih heran boleh apa nggak siih. jelas sih gk boleh ya

    ReplyDelete
  3. untuk regresi logistik biner datanya signifikan tapi arah nilai beta negatif, udah lebih 200x coba gak berhasil bikin signifikan dengan nilai beta positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak. Apa skrg data nya sudah positif kak?

      Delete