A. CARA MENGISI LAPORAN CAPAIAN KOMPETENSI ( LCK ) sebagai
berikut :
1.
Pada kolom pengetahuan dan ketrampilan, di isi perolehan nilai dari setiap
guru mata pelajaran yang berupa angka (
berdasarkan skala perhitungan 1 sampai
dengan 4 ) dan kode huruf
( predikat ).
Penilaian A, B, C dan D sebagai berikut :
Predikat
|
Indikator
|
A
B
C
D
|
Menguasai seluruh
kompetensi dengan kualitas melebihi yang diharapkan.
Menguasai seluruh
kompetensi pada tingkat kriteria minimum yang dipersyaratkan.
Menguasai sebagian besar
kompetensi tetapi ada satu / dua kompetensi
Penting yang belum
dikuasai.
Tidak kompeten.
|
2.
Kolom sikap spiritual dan sosial ( KI-1 dan KI-2 ) dalam mata pelajaran
di isi dengan nilai kualitatif : sangat baik ( SB ), baik ( B ),
cukup ( C ) dan kurang ( K ) menggunakan indikator sebagai berikut :
Predikat
|
Indikator
|
SB
B
C
K
|
Sudah konsisten ( selalu
berperilaku ) sesuai yang diharapkan.
Mulai konsisten ( sering
berperilaku ) sesuai yang diharapkan.
Belum konsisten ( kadang-kadang
berperilaku ) sesuaai yang diharapkan.
Tidak konsisten ( tidak
pernah berperilaku ) sesuai yang diharapkan.
|
3.
Catatan :
a.
Nilai dengan predikat C dan D
untuk pengetahuan dan ketrampilan pada semester 1 ( termasuk salah satu /
beberapa KD belum mencapai kriteria minimum yang dipersyaratkan ), harus mengikuti kegiatan remidi
berkelanjutan.
Sedangkan nilai dengan predikat C dan K untuk sikap pada
semester 1, tidak ada kegiatan remidi berkelanjutan.
Disarankan untuk menggunakan 4 macam penilaian sikap , agar nilai sikap
memperoleh nilai minimal baik.
b.
Peserta didik dinyatakan naik
kelas, salah satu syaratnya adalah tidak terdapat 3 mata pelajaran / lebih,
pada kompetensi pengetahuan, kerampilan dan / sikap yang belum tuntas / belum
baik pada semester 2.
B.CONTOH :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Peminatan : X-MIA
Semester : 1 ( satu )
Tahun Pelajaran : 2013 / 2014
No.
|
KD - KI
|
Materi Pokok / Pengetahuan
|
1.
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep
Ilmu ekonomi.
4.1 Menyajikan konsep
ilmu
Ekonomi.
|
Konsep Dasar Ilmu
ekonomi.
·
Menilai
laporan ( hasil analisis dan simpulan ) dan bahan paparan tentang konsep
dasar ilmu ekonomi.
( Penugasan-penilaian product ).
|
2.
|
3.2 Menganalisis
masalah
ekonomi dan cara me
ngatasinya.
4.2 Melaporkan hasil
analisis
masalah ekonomi dan
cara mengatasinya.
|
Masalah Ekonomi dan Cara
Mengatasinya.
·
Menilai
hasil pembuatan tugas menyusun
Skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan keuangan,
atau
·
Menilai tugas
studi kasus tentang kelangkaan ekonomi yang ada di daerah
Sekitar.
( Penugasan-penilaian product ).
|
3.
|
3.3 Menganalisis peran
pelaku kegiatan ekonomi.
4.3 Menyajikan peran
pelaku
kegiatan ekonomi.
|
Pelaku Kegiatan Ekonomi.
·
Menilai laporan
dan bahan presentasi
tentang peran pelaku kegiatan ekonomi
dan model diagram interaksi pelaku
ekonomi.
( Penugasan-penilaian product ).
|
4.
|
3.4 Mendeskripsikan
konsep
pasar dan terbentuknya
harga pasar dalam
perekonomian.
4.4 Melakukan penelitian
tentang pasar dan ter
bentuknya harga pasar
dalam perekonomian
|
Pasar Dalam
Perekonomian.
Permintaan dan
Penawaran.
·
Menilai
laporan hasil penelitian sederhana
Tentang peran pasar dalam perekonomian.
( Penugasan-penilaian product )
|
No.
|
KD-KI
|
Ketrampilan
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
1.
|
3.1
4.1
|
Menilai
kemampuan diskusi/presentasi dalam menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi.
(
Penilaian praktik/kinerja/performance ).
|
Observasi.
|
2.
|
3.2
4.2
|
Menilai
kemampuan diskusi/presentasi laporan
hasil
analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya.
(
Penilaian praktik/kinerja/performance ).
|
Penilaian
Diri.
Antar
teman.
|
3.
|
3.3
4.3
|
Menilai
kemampuan diskusi / presentasi /
Menyajikan
peran pelaku kegiatan ekonomi.
(
Penilaian praktik/kinerja/performnce )
|
Observasi.
|
4.
|
3.4
4.4
|
Menilai
tugas melakukan penelitian sederhana
tentang
peran pasar dalam perekonomian.
(
Penugasan-penilaian project ).
Penilaian
portopolio.
(
baca ! Penugasan-penilaian product pada aspek
Pengetahuan
di atas ).
|
Penilaian
Diri.
Jurnal.
|
Laporan Capaian
Kompetensi ( LCK ) :
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Predikat
|
Deskripsi kompetensi ketercapaian
|
1.
|
Amir
|
Pengetahuan
|
B +
|
Menguasai seluruh kompetensi,
tertutama kompetensi pelaku kegiatan ekonomi.
|
Ketrampilan
|
B +
|
Menguasai
seluruh ketrampilan, terutama kemampuan presentasi laporan hasil analisis
masalah ekonomi dan cara mengatasinya.
|
||
Sikap spiritual dan
sosial
|
B
|
Mulai
konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan
pengelolaan koperasi.
Mulai
konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras,
tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
|
||
2.
|
Bayu
|
Pengetahuan
|
B
|
Menguasai seluruh
kompetensi sesuai kriteria minimum yang dipersyaratkan, terutama kompetensi
konsep dasar ilmu ekonomi.
|
Ketrampilan
|
B
|
Menguasai
seluruh ketrampilan sesuai kriteria minimum yang dipersyaratkan, terutama
kemampuan menyelesaikan tugas penelitian tentang pasar dalam perekonomian.
|
||
Sikap spiritual dan
sosial
|
B
|
Mulai
konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan
pengelolaan koperasi.
Mulai
konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras,
tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
|
||
3.
|
Cita
|
Pengetahuan
|
B -
|
Menguasai
sebagian besar kompetensi tetapi ada satu kompetensi yang belum dikuasai
yaitu kompetensi pasar dalam perekonomian, permintaan dan penawaran.
|
Ketrampilan
|
B -
|
Menguasai
sebagian besar ketrampilan tetapi ada satu ketrampilan yang belum dikuasai
yaitu kemampuan presentasi dalam menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi.
|
||
Sikap spiritual dan
sosial
|
B
|
Mulai
konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan
pengelolaan koperasi.
Mulai
konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras,
tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
|
0 komentar:
Post a Comment