Sunday, May 6, 2018

Cara Mengisi LCK dan Contohnya



A.  CARA  MENGISI LAPORAN CAPAIAN KOMPETENSI (  LCK ) sebagai berikut :
1.       Pada kolom pengetahuan dan ketrampilan, di isi perolehan nilai dari setiap guru mata pelajaran yang berupa angka ( berdasarkan skala perhitungan  1 sampai
dengan 4 ) dan kode huruf ( predikat ).
Penilaian A, B, C dan D sebagai berikut :
Predikat
Indikator
A
     
B

C

D
Menguasai seluruh kompetensi dengan kualitas melebihi yang diharapkan.
Menguasai seluruh kompetensi pada tingkat kriteria minimum yang dipersyaratkan.
Menguasai sebagian besar kompetensi tetapi ada satu / dua kompetensi
Penting yang belum dikuasai.
Tidak kompeten.


2.       Kolom sikap spiritual dan sosial ( KI-1 dan KI-2 ) dalam mata pelajaran di isi dengan nilai kualitatif : sangat baik ( SB ), baik ( B ), cukup ( C ) dan kurang ( K ) menggunakan indikator sebagai berikut :
Predikat
Indikator
SB
       B
       C
       K
Sudah konsisten ( selalu berperilaku ) sesuai yang diharapkan.
Mulai konsisten ( sering berperilaku ) sesuai yang diharapkan.
Belum konsisten ( kadang-kadang berperilaku ) sesuaai yang diharapkan.
Tidak konsisten ( tidak pernah berperilaku ) sesuai yang diharapkan.

3.       Catatan :
a.       Nilai dengan predikat C dan D untuk pengetahuan dan ketrampilan pada semester 1 ( termasuk salah satu / beberapa KD belum mencapai kriteria minimum yang dipersyaratkan ), harus mengikuti kegiatan remidi berkelanjutan.
Sedangkan nilai dengan predikat C dan K untuk sikap pada semester 1, tidak ada kegiatan remidi berkelanjutan. Disarankan untuk menggunakan 4 macam penilaian sikap , agar nilai sikap memperoleh nilai minimal baik.
b.      Peserta didik dinyatakan naik kelas, salah satu syaratnya adalah tidak terdapat 3 mata pelajaran / lebih, pada kompetensi pengetahuan, kerampilan dan / sikap yang belum tuntas / belum baik pada semester 2.


B.CONTOH :
Mata Pelajaran      : Ekonomi
Kelas / Peminatan : X-MIA
Semester                 : 1 ( satu )
Tahun Pelajaran     : 2013 / 2014
No.
KD - KI
Materi Pokok / Pengetahuan
 1.
3.1 Mendeskripsikan konsep
       Ilmu ekonomi.
4.1 Menyajikan konsep ilmu
       Ekonomi.
Konsep Dasar Ilmu ekonomi.
·         Menilai laporan ( hasil analisis dan simpulan ) dan bahan paparan tentang konsep dasar ilmu ekonomi.
( Penugasan-penilaian product ).
 2.
3.2 Menganalisis masalah     
       ekonomi dan cara me
       ngatasinya.
4.2 Melaporkan hasil analisis
       masalah ekonomi dan
       cara mengatasinya.
Masalah Ekonomi dan Cara Mengatasinya.
·         Menilai hasil pembuatan tugas menyusun
Skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan keuangan, atau
·         Menilai tugas studi kasus tentang kelangkaan ekonomi yang ada di daerah
Sekitar.
( Penugasan-penilaian product ).
3.
3.3 Menganalisis peran
       pelaku kegiatan ekonomi.
4.3 Menyajikan peran pelaku
       kegiatan ekonomi.
Pelaku Kegiatan Ekonomi.
·         Menilai laporan dan bahan presentasi
tentang peran pelaku kegiatan ekonomi
dan model diagram interaksi pelaku
ekonomi.
( Penugasan-penilaian product ).
4.
3.4 Mendeskripsikan konsep
       pasar dan terbentuknya
       harga pasar dalam
       perekonomian.
4.4 Melakukan penelitian
       tentang pasar dan ter
       bentuknya harga pasar
       dalam perekonomian
Pasar Dalam Perekonomian.
Permintaan dan Penawaran.
·         Menilai laporan hasil penelitian sederhana
Tentang peran pasar dalam perekonomian.
( Penugasan-penilaian product )



No.
KD-KI
Ketrampilan
Sikap Spiritual dan Sosial
 1.
3.1
4.1
Menilai kemampuan diskusi/presentasi dalam menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi.
( Penilaian praktik/kinerja/performance ).
Observasi.
 2.
     3.2
     4.2
Menilai kemampuan diskusi/presentasi laporan
hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya.
( Penilaian praktik/kinerja/performance ).
Penilaian Diri.
Antar teman.
 3.
     3.3
     4.3
Menilai kemampuan diskusi / presentasi /
Menyajikan peran pelaku kegiatan ekonomi.
( Penilaian praktik/kinerja/performnce )
Observasi.
 4.
     3.4
     4.4
Menilai tugas melakukan penelitian sederhana
tentang peran pasar dalam perekonomian.
( Penugasan-penilaian project ).
Penilaian portopolio.
( baca ! Penugasan-penilaian product pada aspek
Pengetahuan di atas ).
Penilaian Diri.
Jurnal.

Laporan Capaian Kompetensi ( LCK ) :
No.
Nama
Aspek
Predikat
Deskripsi kompetensi ketercapaian
1.
Amir
Pengetahuan
      B +
Menguasai seluruh kompetensi, tertutama kompetensi pelaku kegiatan ekonomi.


Ketrampilan
      B +
Menguasai seluruh ketrampilan, terutama kemampuan presentasi laporan hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya.


Sikap spiritual dan sosial

      B
Mulai konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan pengelolaan koperasi.
Mulai konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras, tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
 2.
Bayu
Pengetahuan

      B
Menguasai seluruh kompetensi sesuai kriteria minimum yang dipersyaratkan, terutama kompetensi konsep dasar ilmu ekonomi.


Ketrampilan
      B
Menguasai seluruh ketrampilan sesuai kriteria minimum yang dipersyaratkan, terutama kemampuan menyelesaikan tugas penelitian tentang pasar dalam perekonomian.


Sikap spiritual dan sosial

      B
Mulai konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan pengelolaan koperasi.
Mulai konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras, tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
 3.
Cita
Pengetahuan
      B -
Menguasai sebagian besar kompetensi tetapi ada satu kompetensi yang belum dikuasai yaitu kompetensi pasar dalam perekonomian, permintaan dan penawaran.


Ketrampilan
      B -
Menguasai sebagian besar ketrampilan tetapi ada satu ketrampilan yang belum dikuasai yaitu kemampuan presentasi dalam menyajikan konsep dasar ilmu ekonomi.


Sikap spiritual dan sosial
     
      B
Mulai konsisten mengamalkanajaran agama dalam memanfaatkan produk bank, LKBB dan pengelolaan koperasi.
Mulai konsisten menunjukkan perilaku disiplin, jujur, berani, mandiri, kerja keras, tanggungjawab dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.


0 komentar:

Post a Comment