Friday, October 17, 2014

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
PT. Wirakencana Adiperdana Teluk Betung didirikan pada tahun 1987. Perusahaan ini bergerak dibidang industri tepung tapioka. Seperti perusahaan-perusahaan lainnya, perusahaan ini didirikan terutama untuk mencari laba atau profit seoptimal mungkin. Perusahaan burusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya sehingga dapat menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan pelanggan. Kantor operasional PT. Wirakencana Adiperdana terletak di Jl. By Pass Soekarno Hatta Km. 6 No. 1 Kecematan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung dan memiliki 2 (dua) pabrik tepung tapioka.
 Berdasarkan uraian latar belakang permasalahan di atas, maka dalam makalah ini penulis tertarik untuk membahas masalah tentang ”Pengaruh Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Perusahaan PT. Wirakencana Adiperdana”.


1.2  Bahan Baku
Bahan baku pembuatan tepung tapioka adalah umbi kayu seperti : ketela, singkong.
1.3  Tenaga Kerja
1.      Director
2.      General Manager
3.      General Administration Division.
4.      Logistic Division.
5.      Financial Controller Division.
6.      Quality Control Division.
7.      Factory Division.
8.      Marketing Division.
1.4  Proses Produksi
Proses produksi tapioka adalah salah satu cara untuk lebih mendayagunakan komoditas ubi kayu sedemikian rupa sehingga komoditas tersebut dapat lebih bermanfaat dan dapat awet lebih lama. Proses produksi ini lebih minitikberatkan pada proses perubahan fisik dari ubi kayu. Selain itu tapioka yang dihasilkan tersebut memiliki banyak manfaat, selain dapat digunakan secara langsung sebagai subtitusi pangan juga dapat digunakan sebagai bahan baku bagi industri minuman, obat-obatan, pasta gigi, kosmetik, rokok, industri kertas, makanan ternak dan lain sebagainya.
Proses produksi pengolahan tapioka dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu pengolahan pendahuluan, pemisahan atau ekstraksi pati/tepung, pengolahan penyelesaian/pengolahan akhir.
1.      Proses Pengolahan Pendahuluan :
Pengolahan pendahuluan meliputi beberapa aktivitas, yaitu :
1.      Penimbangan bahan baku
2.      Pencucian bahan baku
3.      Pembuangan bagian berkayu dan busuk
4.      Pencacahan
2.      Pemisahan atau Ekstraksi Pati/Tepung
Proses pemisahan/ekstraksi pati meliputi beberapa aktivitas, yaitu :
1.      Pelumatan/pemarutan
2.      Proses ekstraksi
3.      Proses pemurnian
4.      Proses penghilangan air
3.      Proses Penyelesaian /Pengolahan Akhir
Proses pemisahan/ekstraksi pati meliputi beberapa aktivitas, yaitu :
1.      Proses pengeringan
2.      Proses pengepakan/pengemasan
3.      Penimbangan
4.      Penyimpanan
1.5  Rumusan Masalah
1.      Seperti apa perencanaan PT. Wirakencana Adiperdana ?
2.      Bagaimana organisasi PT. Wirakencana Adiperdana ?
3.      Bagaimana proses aktuating PT. Wirakencana Adiperdana ?
4.      Bagaimana proses controlling PT. Wirakencana Adiperdana ?
1.6  Tujuan
1.      Mengetahui perencanaan PT. Wirakencana Adiperdana.
2.      Mengetahui organisasi PT. Wirakencana Adiperdana.
3.      Mengetahui aktuating PT. Wirakencana Adiperdana.
4.      Mengetahui controlling PT. Wirakencana Adiperdana.
BAB 2
PEMBAHASAN

2.1  Perencanaan Perusahaan
Untuk mencapai visi dan misi, PT. Wirakencana Adiperdana menerapkan strategi sebagai berikut :
1.      Meningkatkan keuntungan dengan mencari pelanggan baru.
2.      Meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan melakukan pengendalian mutu pada bahan baku.
3.      Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan berusaha mencari pelanggan baru.
4.      Menjalankan kegiatan operasional di perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien sehingga dapat menurunkan biaya.
5.      Menjaga ketepatan waktu pengiriman dengan meningkatkan produktifitas pekerja.
6.      Meningkatkan budaya patuh pada peraturan.
7.      Meningkatkan motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan.
 Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah mengembangkan strategi dari perusahaan tersebut kedalam perspektif-perspektif, yaitu :
1.      Perspektif Keuangan
PT. Wirakencana Adiperdana berusaha untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan melakukan perbaikan secara terus-menerus.

2.      Perspektif Pelanggan
PT. Wirakencana Adiperdana berusaha untuk selalu memuaskan kebutuhan pelanggan agar terjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan berusaha untuk mencari pelanggan baru.
3.      Perspektif Proses Bisnis Internal
PT. Wirakencana Adiperdana berusaha untuk melakukan perbaikan sistem operasionalnya untuk menekan biaya tapi kualitas tetap dijaga dan melakukan pengiriman tepat pada waktunya.
4.      Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
PT. Wirakencana Adiperdana berusaha untuk meningkatkan produktifitas pada pekerja dengan memberikan motivasi, kepuasan kerja dan meningkatkan budaya patuh pada aturan.
2.2  Oraganisasi Perusahaan
Berikut ini adalah struktur organisasi perusahaan PT. Wirakencana Adiperdana :
1.      Director.
Bertanggung jawab kepada          : Pemegang Saham
 Membawahi                                  : General Manager, Purchasing Dept.
2.      General Manager.
Bertanggung jawab kepada          : Director
Membawahi                                  : General Administration
Division, Logistic Division, Financial Controller Division, Quality Control Division, Factory Division, Marketing Division.
3.      General Administration Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : HRD Dept, Personel Dept dan General Affair Dept.
4.      Logistic Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : Purchasing Dept, Distribution Dept dan Material Store Dept.
5.      Financial Controller Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : Finance Dept dan Accounting Dept.
6.      Quality Control Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : Quality Control Dept
7.      Factory Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : Production Dept, Production
engineering dan Maintenance Dept.
8.      Marketing Division
Bertanggung jawab kepada    : General Manager
Membawahi                            : Sales Dept.
2.3  Pengarahan Perusahaan
Perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan perusahaan melakukan beberapa hal yaitu :
1.      Meningkatkan kepuasan kerja karyawan
Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditetapkan, PT. Adiperdana melakukan inisiatif-inisiatif sebagai berikut :
1.      Dengan menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.
2.      Dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan karyawan, seperti fasilitas kesehatan dan ruang ibadah.
3.      Memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan.
2.      Meningkatkan motivasi kerja karyawan
Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditetapkan, PT. Adiperdana melakukan inisiatif-inisiatif sebagai berikut :
1.      Pemberian bonus bagi pekerja yang tidak pernah bolos kerja dalam jangka waktu tertentu.
2.      Pemberian bonus pada event-event khusus, misalnya pada saat lebaran.
3.      Pemberian bonus kepada karyawan jika outputnya sesuai dengan yang ditargetkan, dan bonus tambahan jika bisa lebih.
4.      Pemberian bonus jika produk cacat sedikit.
3.      Meningkatkan produktifitas karyawan
Dalam rangka mewujudkan target yang telah ditetapkan, PT. Adiperdana melakukan inisiatif-inisiatif sebagai berikut :
1.      Meningkatkan motivasi karyawan.
2.      Meningkatkan sistem tata cara kerja yang baik.
3.      Menerapkan kedisiplinan dalam bekerja.
2.4  Pengawasan Perusahaan
Pada perusahaan PT. Wirakencana Adiperdana terdapat pihak yang berwenang terhadap pengawasan tentang proses produksi di perusahaan untuk menjamin kelangsungan kelancaran produksi diantaranya:
1.       General Manager
Tugas dan wewenang :
1.      Memimpin perusahaan, mengkoordinir, mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan di bidang operasional, keuangan, pemasaran, administrasi dan lain-lainnya dalam rangka mencapai visi dan misi perusahaan.
2.      Memastikan bahwa pelaksanaan semua kegiatan dilakukan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.
3.      Meneliti dan menganalisis perkembangan perusahaan serta mengambil langkah-langkah perbaikan untuk memajukan perusahaan.
4.      Memberikan laporan secara berkala kepada Director mengenai perkembangan perusahaan.
5.      Mengusahakan peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektifitas disegala bidang.
6.      Menjaga disiplin kerja dan secara berkala menilai prestasi kerja para bawahannya
2.      Logistic Division
Tugas dan wewenang :
1.      Bertanggung jawab dalam kegiatan pengandalian inventarisasi
2.      Mengawasi dan bertanggung jawab atas pengiriman barang kepada pelanggan.
3.      Distribution Departement
Tugas dan wewenang :
1.      Mengawasi, memelihara dan bertanggung jawab atas pengiriman barang kepada pembali tepat waktu dan sesuai dengan bukti yang sudah diotorisasi dengan sah.
4.      Marketing Division
Tugas dan wewenang :
1.      Mengawasi pelaksanaan dari seluruh kegiatan usaha dalam pemasaran, antara lain memonitor kegiatan pesaing, meninju da membahas target pada waktu tertentu dan membuat laporan bulanan.



BAB 3
SIMPULAN

3.1    Simpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.  Perencanaan perusahaan PT. Wirakencana Adiperdana
1.      Meningkatkan keuntungan dengan mencari pelanggan baru.
2.      Meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan melakukan pengendalian mutu pada bahan baku.
3.      Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan berusaha mencari pelanggan baru.
4.      Menjalankan kegiatan operasional di perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien sehingga dapat menurunkan biaya.
5.      Menjaga ketepatan waktu pengiriman dengan meningkatkan produktifitas pekerja.
6.      Meningkatkan budaya patuh pada peraturan.
7.      Meningkatkan motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan.
2.      Organisasi perusahaan :
1.      Director
2.      General Manager
3.      General Administration Division.
4.      Logistic Division.
5.      Financial Controller Division.
6.      Quality Control Division.
7.      Factory Division.
8.      Marketing Division.
3.      Pengarahan perusahaan :
1.      Meningkatkan kepuasan kerja karyawan
2.      Meningkatkan motivasi kerja karyawan
3.      Meningkatkan produltifitas karyawan
4.      Pengawasan perusahaan dilakukan oleh :
1.      General Manager
2.      Logistic Division
3.      Distribution Departement
4.      Marketing Division



                                                   

                                               

                                                 

0 komentar:

Post a Comment