PENDAHULUAN
Program ini dibuat pada program microsoft
excel, karena dengan menggunankan program tersebut siklus akuntansi secara computerized,
lebih mendekati kepada proses akuntansi secara manual.
Program yang dirancang ini adalah
khusus sesuai dengan kasus yang sederhana. Anda hanya perlu menginput data
transaksi kedalam jurnal umum (general journal) dan menginput
data penyesuaian ke dalam adjusted entries, serta menginput data
penutupan kedalam closing entries. Proses selanjutnya akan diselesaikan oleh program
secara otomatis.
Jika anda ingin menyesuaikan
dengan kasus yang saudara hadapi, Anda terlebih dahulu harus merubah tabel
account reference,(menambah atau mengurangi) dan merubah sedikit
format-format untuk jurnal (tergantung pada banyaknya transaksi), posting
ledger, (tergantung pada banyaknya account reference) trial
balance, worksheet, dan report of finansial.
Tasikmalaya, Oktober 2011
Tim Komputer Akuntansi
Jurusan Akuntansi
FE Universitas Siliwangi
I. Membuat
Account Reference Table
1.a. Pada sheet 1, buatlah tabel
acccount reference seperti gambar berikut:
1.b. Gantilah nama sheet1 dengan
nama Ref, dengan cara pilih menu:
Format > Sheet > Rename,
ketik REF, kemudian enter.
1.c. Blok range
A3:B19; pilih menu Insert > Name > Define; pada kotak names in workbook
ketik AccRef, selanjutnya klik tombol add; klik tombol OK
II.
Membuat General Journal.
2.a. Gantilah nama sheet2 dengan GENERAL JOURNAl.
Caranya sama dengan
langkah 1.b.
2.b . Pada sel D6 ketikkan formula
berikut: =IF(OR(AND(F6<>"";G6=0;H6=0);AND(F6<>"";G6>0));VLOOKUP(F6;AccRef;2);IF(AND(F6<>"";G6=0;H6>0);CONCATENATE(REPT("";8);VLOOKUP(F6;AccRef;2));""))
2.c. Copy-lah isi sel D6 ke range D6:D53
2.d. Pada
sel G55 ketikkan formula =SUM(G6:G53) yaitu untuk menjumlahkan kolom
Debit.
2.e. Pada sel H55 ketikkan formula =SUM(H6:H53)
yaitu untuk menjumlahkan kolom Debit.
III. Adjusment
Entries and Closing Entries
3.a. Pilih kembali sheet GENERALJOURNAL, kemudian
salinlah atau copy sheet GENERALJOURNAL tersebut. Caranya pilih menu Edit >
Move or copy sheet, klik pada kotak create a copy sehingga muncul tanda
cek/centang, pada kotak Before Sheet: pilih sheet3, kemudian klik OK
3.b. Gantilah GENERALJOURNAL(2), dengan nama
ADJUSMENTENTRIESANDCLOSING, dengan cara memilih Format > Sheet > Rename.
3.c. Ubahlah judul serta halaman jurnal dengan
nama Adjusment Entries And Closing Entries, page AJC-1.
IV. General
Ledger (Posting)
4.a.
Berpindahlah ke sheet3, buatlah tabel General Ledger (48 row), untuk General
Ledger dan General Ledger After Closing sebanyak 48 row lagi mulai row ke 52.
4.b. Gantilah nama sheet3 dengan nama POSTING101,
dengan cara memilih menu Format > Sheet > Rename. Selanjutnya pada sel I2
ketik 101
4.c. Pada sel D2 ketikkan formula berikut: =IF(I2<>"";VLOOKUP(I2;AccRef;2);"")
4.d. Pada sel C4 ketik formula berikut: =IF(GENERALJOURNAL!F6=$I$2;GENERALJOURNAL!E6;"")
4.e. Copi-lah isi sel C4 ke range C4:C51.
4.d. Pada sel C52 ketik formula berikut: =IF('ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!F6=$I$2;'ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!C6;"")
4.f. Copi-lah isi sel C52 ke range C52:C99.
4.g. Pada sel D4 ketik formula berikut: =IF(GENERALJOURNAL!F6=$I$2;GENERALJOURNAL!E6;"")
4.h. Copi-lah isi sel D4 ke range D4:D51.
4.i. Pada sel D52 ketik formula berikut: =IF('ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!F6=$I$2;'ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!E6;"")
4.j. Copi-lah isi sel D52 ke range D52:D99.
4.k. Pada sel E4 ketik formula berikut: =IF(GENERALJOURNAL!F6=$I$2;GENERALJOURNAL!$H$4;"")
4.l. Copi-lah isi sel E4 ke range E4:E51.
4.m. Pada sel E52 ketik formula berikut: =IF('ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!F6=$I$2;'ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!$H$4;"")
4.n. Copi-lah isi sel E52 ke range E52:E99.
4.o. Pada sel F4 ketik formula berikut: =IF(GENERALJOURNAL!F6=$I$2;GENERALJOURNAL!G6;0)
4.p. Copi-lah isi sel F4 ke range F4:F51.
4.q. Pada sel F52 ketik formula berikut: =IF('ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!F6=$I$2;'ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!G6;0)
4.r. Copi-lah isi sel F52 ke range F52:F99.
4.s. Pada sel G4 ketik formula berikut: =IF(GENERALJOURNAL!F6=$I$2;GENERALJOURNAL!H6;0)
4.t. Copi-lah isi sel G4 ke range G4:G51.
4.u. Pada sel G52 ketik formula berikut: =IF('ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!F6=$I$2;'ADJUSMENTENTRIES&CLOSING'!H6;0)
4.v. Copi-lah isi sel G52 ke range G52:G99.
4.w. Pada sel H4 ketik formula berikut: =IF(OR(AND(LEFT($I$2;1)="1";NOT(RIGHT($I$2;1)="9"));$I$2=302;LEFT($I$2;1)="5");F4-G4;0)
4.x. Pada sel H5 ketik formula berikut: =IF(OR(AND(LEFT($I$2;1)="1";NOT(RIGHT($I$2;1)="9"));$I$2=302;LEFT($I$2;1)="5");H4+F5-G5;0)
4.y. Copi-lah isi sel H5 ke range H5:H99.
4.z.
Pada sel I4 ketik formula berikut: =IF(OR($I$2=109;LEFT($I$2;1)="2";$I$2=301;LEFT($I$2;1)="4");G4-F4;0)
4.aa. Pada sel I5 ketik formula
berikut: =IF(OR($I$2=109;LEFT($I$2;1)="2";$I$2=301;LEFT($I$2;1)="4");I4+G5-F5;0)
4.bb. Copi-lah isi sel I5 ke range I5:I99.
4.cc. Bloklah
Range B3:I99.
4.dd. Klik menu Data > Filter > AutoFilter
4.ee. Klik Tombol panah pada kolom Ref,
kemudian klik NonBlanks. Untuk mengembalikan ke semula, klik lagi tombol
panah pada kolom Ref, kemudian klik All .
4.ff. Salinlah atau copy sheet POSTING101, caranya
pilih menu Edit > Move or copy sheet, klil pada kotak create a copy sehingga
muncul tanda cek/centang, pada kotak before sheet: pilih (move to end),
kemudian klik OK.
4.gg. Selanjutnya anda telah memperoleh sheet baru
dengan nama POSTING101(2), gantilah nama sheet
POSTING101(2) tersebut dengan nama POSTING102, gunakan menu Format >
Sheet > Rename. Selanjutnya gantilah isi sel I2 yang semula 101 menjadi 102.
Dengan demikian, kesimpulannya jika nama sheet POSTING101 maka isi sel I2
adalah 101, jika nama sheet POSTING102 maka isi sel I2 adalah 102, jika nama
sheet POSTING103 maka isi sel I2 adalah 103, demikian seterusnya.
4.hh. Selajutnya ulangi langkah
4.ff. dan 4.gg. sehingga mempunyai beberapa sheet baru, sampai seluruh nama
sheet yang berawalan POSTING tersebut mewakili semua nama perkiraan yang terdapat
pada sheet Ref.
V. Trial
Balance
5.a. Buatlah sheet baru, caranya pilih menu
Insert>worksheet, ganti nama sheet tersebut dengan nama TRIALBALANCE.
5.b.
Kemudian buatlah tabel Neraca Percobaan seperti berikut:
5.c.
Pada sel B6 ketik formula berikut: =REF!A3
5.d.
copy lah isi sel B6 ke range B6:B22.
5.e.
Pada sel A6 ketik formula berikut: =VLOOKUP(B6;AccRef;2)
5.f.
Pada sel C6 ketik formula berikut: =POSTING101!$H$51
5.g. Pada sel D6 ketik formula berikut:
=POSTING101!$I$51
5.h. Copy lah isi range C6:D6 ke range C6:D22
5.i. Blok range C6:D22, pilih Edit>Copy,
kemudian pilih Edit>Paste Special, klik pilihan Values, klik OK. Selanjutnya
dalam keadaan range C6:D22 masih tertutup blok, tekan tombol fungsi F2, lalu
tekan Enter. Tekan lagi F2 dan Enter, begitu seterusnya hingga semua isi range
C6:D22 berubah menjadi nilai saldo perkiraan masing-masing.
(Hal ini berlaku juga pada Trial
Balance After Adjusment and Closing).
5.j. Pada sel C24 ketik formula; =SUM(C6:C22)
5.k. Pada sel D24 ketik formula; =SUM(D6:D22)
VI. Worksheet
6.a. Buatlah sheet baru, caranya pilih menu
Insert>worksheet, ganti nama sheet tersebut dengan nama WORKSHEET.
6.b. Kemudian Buatlah tabel worksheet seperti
berikut:
6.c. Pada sel B7 ketik formula: =TRIALBALANCE!B6
6.d. Copy lah isi sel B7 ke range B7:B23
6.e. Pada sel C7 ketik formula: =IF(B7<>"";VLOOKUP(B7;AccRef;2);"")
6.f. Copy lah isi sel C7 ke range C7:C23
6.g. Pada sel D7 ketik formula: =TRIALBALANCE!C6
6.h. Copy lah isi sel D7
ke range D7:D23
6.i. Pada sel E7 ketik formula: =TRIALBALANCE!D6
6.j. Copy lah isi sel E7 ke range E7:E23
6.k. Pada sel D24 ketik formula: =SUM(D7:D23)
6.l. Copy lah isi sel D24 ke range D24:O24
6.m. Pada sel J7 ketik formula: =IF(OR(LEFT(B7;1)="4";LEFT(B7;1)="5");H7;0)
6.n. Copy
lah isi sel J7 ke range J7:J23
6.o. Pada sel K7 ketik formula: =IF(OR(LEFT(B7;1)="4";LEFT(B7;1)="5");I7;0)
6.p. Copy lah isi sel K7 ke range K7:K23
6.q. Pada sel L7 ketik formula: =IF(OR(LEFT(B7;1)="1";LEFT(B7;1)="2";LEFT(B7;1)="3");H7;0)
6.r. Copy lah isi sel L7 ke range L7:L23
6.s. Pada sel M7 ketik formula: =IF(OR(LEFT(B7;1)="1";LEFT(B7;1)="2";LEFT(B7;1)="3");I7;0)
6.t. Copy lah isi
sel M7 ke range M7:M23
6.u. Copy lah sel
D24 ke range D24:M24.
6.v. Pada sel L25 ketik formula berikut: =IF(L24<M24;M24-L24;0)
6.w Pada sel
L26 ketik formula: =L24+L25
6.x.
Pada sel M25 ketik formula berikut: =IF(M24<L24;L24-M24;0)
6.y. Pada sel
M26 ketik formula: =M24+M25
6.z. Pada sel H7 ketik formula: =IF(AND(D7>0;E7>0);0;IF(AND(D7>0;E7=0);(D7+F7)-G7;IF(AND(E7>0;D7=0);0;F7)))
6.aa. Copy lah isi sel
H7 ke range H7:H23
6.bb. Pada sel I7 ketik formula: =IF(AND(D7>0;E7>0);0;IF(AND(D7>0;E7=0);0;IF(AND(E7>0;D7=0);(E7+G7)-F7;G7)))
6.cc. Copy lah isi sel I7 ke range I7:I23
6.dd. Pada sel J25 ketik
formula: =IF(J24>K24;K24-J24;0)
6.ee. Pada sel J26 ketik formula: =J24+J25
6.ff. Pada sel K25 ketik formula:
=IF(K24>J24;J24-K24;0)
6.gg. Pada sel K26 ketik
formula: =K24+K25
VII.
Income Statement
7.a. Buatlah sheet baru, caranya pilih menu
Insert>worksheet, ganti nama sheet tersebut dengan nama INCOMESTATEMENT.
7.b. Kemudian Buatlah tabel income statement
seperti berikut:
7.c. Pada sel G5 ketik formula: =WORKSHEET!K17
7.d. Pada sel E8 ketik formula: =WORKSHEET!J19
7.e. Pada sel E9 ketik formula: =WORKSHEET!J20
7.f. Pada sel E10 ketik formula: =WORKSHEET!J21
7.g. Pada sel E11 ketik formula: =WORKSHEET!J22
7.h. Pada sel E12 ketik formula: =WORKSHEET!J23
7.i. Pada sel G14 ketik formula: =SUM(E8:E12)
7.j. Pada sel G15 ketik formula: =G5-G14
7.k. Pada sel B15 ketik formula:
=IF(G15>0;"NETT
INCOME";"NET LOSS")
VIII. Capital
of Chages Statement
8.a. Buatlah sheet baru, caranya pilih menu
Insert>worksheet, ganti nama sheet tersebut dengan nama CAPITALCHANGESTSTATEMENT.
8.b.
Kemudian Buatlah tabel Capital of Chages Statement seperti berikut:
8.c. Pada sel F5 ketik formula berikut: =WORKSHEET!M15
8.d. Pada sel D7 ketik formula berikut: =INCOMESTATEMENT!G15
8.e. Pada
sel D8 ketik formula berikut: =WORKSHEET!H15
8.f. Pada
sel F10 ketik formula berikut: =D7-D8
8.g. Pada
sel F11 ketik formula berikut: =F5+F10
IX. Balance
Sheet
9.a. Buatlah sheet baru, caranya pilih menu
Insert>worksheet, ganti nama sheet tersebut dengan nama BALANCESHEET.
9.b.
Kemudian Buatlah tabel Balance Sheet seperti berikut:
9.c. Pada sel D7 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L7
9.d. Pada sel D8 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L8
9.e. Pada sel D9 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L9
9.f. Pada sel D10 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L10
9.g. Pada sel F11 ketik formula berikut: =SUM(D7:D10)
9.h. Pada
sel D14 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L11
9.i. Pada
sel D15 ketik formula berikut: =WORKSHEET!L12
9.j. Pada
sel F15 ketik formula berikut: =D14-D15
9.k. Pada
sel F16 ketik formula berikut: =F11+F15
9.l. Pada
sel D20 ketik formula berikut: =WORKSHEET!M13
9.m. Pada sel D21 ketik formula berikut: =WORKSHEET!M14
9.n. Pada
sel F22 ketik formula berikut: =SUM(D20:D21)
9.o. Pada
sel F24 ketik formula berikut: =CAPITALCHANGESTATEMENT!F11
9.p. Pada
sel F25 ketik formula berikut: =F22+F24
X.
Trial
Balance Closing
10.a. Pilih kembali Sheet TRIALBALANCE, kemudian
copy lah sheet tersebut, caranya pilih menu Edit>Move or copy sheet, klik
pada kotak create a copy sehingga muncul tanda cek/centang, pada kotak Before
sheet: pilih move to end, kemudian klik OK.
10.b.
Gantilah nama sheet hasi duplikasi tersebut dari TRIALBALANCE(2)
menjadi: TRIALBALANCECLOSING,kemudian ganti Judul Trial Balance menjadi Trial
Balance After Closing seperti berikut:
10.c. Hapus/ delete isi range
C6:D22
10.d. Pada sel A6 ketik formula berikut: =VLOOKUP(B6;AccRef;2)
10.e. Copy lah isi sel A6 ke range A6:A22
10.f. Pada sel B6 ketik formula berikut: =REF!A3
10.g. Copy lah isi
sel B6 ke range B6:B22
10.h. Pada sel C6 ketik formula berikut: =POSTING101!$H$99
10.i. Copy lah isi
sel C6 ke range C6:C22
10.j. Pada sel C7
ganti formula =POSTING101!$H$99 dengan =POSTING102!$H$99, (yaitu
menyesuaikan dengan no. Ref, kecuali C8 ketik formula
=POSTING104!$H$99) . Sampai
dengan sel C22 menjadi =POSTING509!$H$99
10.k.
Pada sel D6 ketik formula berikut: =POSTING101!$I$99
10.l. Copy lah isi
sel D6 ke range D6:D22
10.m. Pada sel D7
ganti formula =POSTING101!$I$99 dengan =POSTING102!$I$99, (yaitu
menyesuaikan dengan no. Ref, kecuali D8 ketik formula =POSTING104!$I$99) . Sampai
dengan sel D22 menjadi =POSTING509!$I$99
10.n Pada sel C24
ketik formula: =SUM(C6:C22), dan pada sel D24 ketik formula: =SUM(D6:D22)
PENUTUP
Program ini dibuat sangat
sederhana, pengguna masih bisa menelusuri secara manual proses akuntansi dari
jurnal sampai Laporan Keuangan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
KASUS:
Perusahaan IPHAD adalah
perusahaan Jasa Laundry. Pada awal Januari 2008 Tuan Hidayat pemilik Perusahaan
IPHAD mulai mendirikan usaha, dengan merekrut beberapa karyawan, salah satunya
bagian akuntansi untuk menyusun sistem akuntansi di perusahaannya.
Daftar perkiraan (Chart of
Acoount) Perusahaan IPHAD adalah:
Transaksi yang terjadi selama bulan Januari
2008 adalah sebagai berikut:
1/1/2008
|
Tuan Hidayat menanamkan modal
usahanya senilai Rp. 71.000.000 berupa:
Kas
Rp. 45.000.000
Perlengkapan Rp. 6.000.000
Peralatan Laundry Rp. 20.000.000
|
3/1/2008
|
Dibayar sewa ruko untuk jangka
waktu satu tahun, sejumlah Rp. 12.000.000 secara kas.
|
5/1/2008
|
Dibeli perlengkapan lainnya
secara kredit dari Toko Maju sejumlah
Rp. 1.225.000
|
10/1/2008
|
Diterima pendapatan kas dari hasil cuci sejumlah Rp. 3.250.000
|
11/1/2008
|
Dibeli peralatan laundry seharga Rp. 15.000.000 dan baru dibayar Rp.
5.000.000
|
17/1/2008
|
Telah dilakukan pencucian baju langganan senilai Rp 6.750.000 , namun
pendapatan yang baru diterima Rp. 4.250.000
|
19/1/2008
|
Dibayar beban rupa-rupa Rp. 600.000
|
20/1/2008
|
Dibeli perlengkapan secara tunai Rp. 9.500.000.
|
24/1/2008
|
Dibayar Rp. 1.225.000 ke toko Maju untuk membayar hutang.
|
26/1/2008
|
Diterima pendapatan cuci Rp. 4.625.000
|
27/1/2008
|
Dibayar perbaikan perlatan laundry Rp. 600.000
|
28/1/2008
|
Dibayar rekening telepon Rp. 175.000
|
28/1/2008
|
Dibayar rekening listrik Rp. 100.000
|
28/1/2008
|
Dibayar gaji karyawan Rp. 2.325.000
|
29/1/2008
|
Untuk keperluan pribadi, Tuan Hidayat menarik modalnya sebesar Rp. 1.000.000.
|
Pada akhir Bulan Januari 2008, terdapat data untuk penyesuaian sebagai
berikut:
- Perlengkapan
yang masih ada pada kahir periode Rp. 3.960.000.
- Sewa
dibayar dimuka yang telah menjadi beban sewa Rp. 1.000.000.
- Penyusutan
peralatan laundry ditaksir Rp. 295.000 per bulan, dan tealh menjadi beban
peralatan.
- Gaji
karywan yang belum dibayar untuk bulan Januari 2008 sejumlah Rp. 900.000.
Diminta;
Buatlah Laporan Keuangan Perusahaan IPHAD pada akhir Januari 2008, dengan
menggunakan program excel!
|
|
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete