BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Disetiap perusahan yang bergerak dibidang perdagangan dan penjualan
produk, promosi penjualan merupakan sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan.
Karena tidak ada perusahaan dagang atau penjualan yang tidak melakukan promosi penjualan
dalam menjalankan aktifitas penjualan produknya.
Promosi penjualan bisa dilakukan
dengan berbagai cara dan media, baik itu yang menggunakananggaran
biaya besar sampai yang kecil. Promosi penjualan memegang peranan yang
sangat penting untuk mencapai tujuan dari usaha dagang atau usaha yang bergerak
dalam penjualan produk.
Semua usaha penjualan pasti
mempunyai tujuan untuk menghasilkan omset penjualan besar dan menguntungkan,
Namun tanpa didukung promosi penjualan yang baik omset penjualan optimal belum
tentu bisa diraih untuk itu promosi penjualan sangat dan memang harus dilakukan
oleh perusahaan.
Untuk mencapai tujuan berupa omset penjualan yang optimal dan
menguntungkan, Promosi penjualan yang benar dan tepat harus dilakukan. Karena
pada dasarnya promosi penjualan mempunyai tujuan penting yang akan mendukung
tercapaianya omset optimal yang menguntungkan bagi perusahaan. Agar perusahan
tidak mengalami kerugian dan mencapai tujuannya yaitu mendapatkan omset
penjualan yang optimal dibutuhkan pula strategi promosi penjualan yang baik dan
agar bisa menarik pelanggan.
B.
Rumusan
masalah
1.
Apa yang dimaskud dengan promosi
penjualan?
2.
Bagaimana peran dari promosi
penjualan?
3.
Apa tujuan dari adanya promosi penjualan?
4. Bagaimana
perusahaan dalam menentukan strategi
promosi penjualan?
C.
Tujuan
makalah
a.
Mengetahui yang dimaskud dengan
promosi penjualan
b.
Mengetahui peran dari promosi
penjualan
c.
Mengetahui tujuan dari adanya
promosi penjualan
d. Mengetahui
langkah yang harus di lakukan oleh perusahaan dalam menentukan strategi promosi penjualan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Kajian Teoritis
1.
Pengertian Sales promotion
Definisi
promosi penjualan menurut institute of sales promotion in England: Promosi
penjualan terdiri dari serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai
sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif,
dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara
maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.
Menurut Lamb, Hair dan McDaniel (2001) promosi penjualan adalah kegiatan
komunikasi pemasaran, selain dari pada periklanan, penjualan pribadi, dan
hubungan masyarakat, dimana insentif jangka pendek memotivasi konsumen dan
anggota saluran distribusi untuk membeli barang atau jasa dengan segera, baik
dengan harga yang rendah atau dengan menaikkan nilai tambah.
Sedangkan menurut Indriyo G. (1994) promosi penjualan adalah merupakan
kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkannya sedemikian rupa
sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan
dan pengaturan tertentu maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas, bahwa Sales
Promotion: Merupakan suatu bujukan langsung yang menawarkan insentif atau nilai
lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung
dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.
Dengan kegiatan Promosi penjualan menggambarakan insentif-insentif dan hadiah-hadiah
untuk membuat para pelanggan membeli barang-barang perusahaan sekarang
ketimbang nanti. Jika iklan adalah alat jangka panjang untuk membentuk perilaku
pasar terhadap suatu merk, maka promosi penjualan dimaksudkan sebagai alat
jangka pendek untuk memicu terjadinya tindakan pembelian. Promosi penjualan
menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan
daripada yang dapat dilakukan oleh iklan.
2.
Peran Sales Promotion
a.
Short-termism
Sales promotion merupakan alat promosi yang dibutuhkan karena dapat bekerja dengan cepat dan dapat memberikan dampak secara langsung.
Sales promotion merupakan alat promosi yang dibutuhkan karena dapat bekerja dengan cepat dan dapat memberikan dampak secara langsung.
b.
Managerial-accountility
Adanya peningkatan tekanan pada manajer pemasaran untuk bertanggung jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion akan mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran, karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat dan lebih mudah.
Adanya peningkatan tekanan pada manajer pemasaran untuk bertanggung jawab akan pengeluaran mereka, kegiatan sales promotion akan mempermudah manajer pemasaran dalam menghitung segala pengeluaran, karena hasil dari aktivitas sales promotion dapat dihitung lebih cepat dan lebih mudah.
c.
Brand-performance
Kemajuan teknologi memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.
Kemajuan teknologi memungkinkan penjual untuk menyampaikan daya guna merek atau produk yang dipromosikan dengan lebih efektif.
d.
Brand-expansion
Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen semakin meningkat karena kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan keputusan.
Keputusan yang harus dibuat oleh konsumen semakin meningkat karena kualitas dan jenis merek yang semakin meningkat pula. Sales promotion membuat para konsumen lebih mudah dalam menentukan keputusan.
e.
Competition for shelf space
Sales promotion membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf space dan membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.
Sales promotion membantu para pengusaha pabrik untuk memenangkan shelf space dan membantu penjual menarik peningkatan kepadatan lalu lintas pertokoan dan penggunaan sumber penghasilan yang terbatas.
3.
Tujuan Sales-Promotion
a.
Peningkatan uji coba dan
pengulangan pembelian
Untuk menarik perhatian calon
konsumen baru, alat dari sales promotion dapat menurunkan resiko dari konsumen
yang berusaha mencoba sesuatu yang baru. Seperti menawarkan harga yang murah
atau buy one get one free.
b.
Peningkatan frekuensi dan
kuantitas
Untuk menaikkan frekuensi dari
pemebelian, Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah menghitung
frekuensi pembelian secara teratur, pada pesanan untuk mengatur suatu tujuan,
lalu harus menyusun strategi yang akan membuat konsumen akan membeli produk
lebih sering.
c.
Menghitung penawaran-penawaran
dari pesaing
Pergunakan frekuensi yang
berhubungan tinggi dengan para pesaing pada kategori produk tertentu.Contohnya:
Perusahaan-perusahaan penerbangan berusaha untuk memberikan penawaran-penawaran
menarik. Garuda airlines membuka devisi City link memberikan harga murah untuk
penerbangan ke Surabaya, itu dimaksud untuk mengimbangi lion air yang juga
memberikan harga yang murah.
d.
Membangun Customer database dan
peningkatan ingatan konsumen
Dengan menggunakan Promosi untuk
membangun pusat data yang berhubungan dengan informasi konsumen. Dengan begitu
perusahaan dapat merencanakan program-program reward dan memelihara hubungan
dengan konsumen, yang terutama sekali adalah memilih yang paling menguntungkan
perusahaan.
e.
Cross-selling dan perluasan dari
penggunaan dari suatu merk
Konsumen yang sudah terbiasa
dengan suatu merk dan percaya, itu sudah cukup untuk membuat pembelian
berulang, jika menjual kepada konsumen suatu produk lain tetapi dibawah merk
yang sama atau yang membuat produk tersebut adalah perusahaan yang sama dapat lebih
efektif dari pada menjual kepada konsumen yang tidak terbiasa dengan merk.
f.
Memperkuat brand image dan
Memperkuat brand relationship
Sebagai contoh, bagaimana Mc
Donaldâls melakukan promosi untuk memperkuat image bahwa McDonals adalah
tempat yang sesuai untuk anak-anak? SAlah satu caranya adalah menawarkan
figure dari film terbaru Disney yaitu Teenie Beanies (versi yang lebih kecil
dari mainan yang popular). Di beberapa restaurant Mc D banyak para konsumen
yang sudah menunggu toko dibuka sejak jam 5.30 pagi.
4.
Klasifikasi promosi penjualan
Berdasarkan sasarannya, Promosi
penjualan dapat dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai
berikut :
a.
Customer promotion, yaitu promosi
yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
b.
Trade promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir,
pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa dari
sponsor
c.
Sales-force promotion, yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
d.
Business promotion, yaitu promosi
penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan
kontrak hubungan dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih
banyak kepada pelanggan lama dan mendidik pelanggan. Namun yang jelas apapun
jenis kebutuhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi, tetap pada
perencanaan bagaimana agar perusahaan tetap eksis dan berkembang. Apalagi jika
perusahaan tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.
B.
Pembahasan
1.
Strategi promosi penjualan /
sales promotion
Berdasarkan kajian teoritis di atas, bahwa setelah menetukan klasifikasi
/ pengelompokan promosi penjulan. Langkah selanjutnya yang harus di lakukan
oleh sebuah perusahaan adalah menentukan strategi yang akan di laksanakan oleh
perusahaan. Berikut strategi yang dapat di lakukan oleh perusahaan dalam
kegiatan promosi penjualan :
a.
Strategi Sales Promotion yang Berorientasi
pada Konsumen
Sasaran Sales Promotion Berorientasi Konsumen
1)
Obtaining Trial and Repurchase
Satu dari pentingnya penggunaan teknik sales promotion adalah mendorong
konsumen untuk mencoba produk atau jasa baru. Alat-alat sales promotion telah
menjadi bagian penting dari strategi pengenalan suatu produk baru. Tingkat
initial trial bisa ditingkatkan melalui teknik-teknik seperti sampling,
couponing, and refund offers. Kesuksesan suatu produk baru tidak hanya
tergantung pada initial trial tetapi juga mendorong persentase orang yang
mencoba brand hingga membeli kembali produk tersebut kemudian membentuk pola
pembelian yang berkelanjutan.
2)
Increasing Consumption of an
Established Brand
Sales promotion bisa menyebabkan beberapa perhatian baru pada suatu established
brand untuk membantu meningkatkan penjualan atau menjaga market share dari para
kompetitor.
Marketer mencoba untuk meningkatkan penjualan dari sebuah establish brand melalui beberapa cara dan sales promotion bisa memainkan peranan penting di tiap-tiap cara tersebut. Suatu cara meningkatkan konsumsi atas produk adalah dengan mengidentifikasi kegunaan baru dari brand. Strategi lain yang bisa digunakan yaitu melalui promosi-promosi yang menarik minat baik non user suatu produk maupun pengguna produk dari brand competitor. Sales promotion bisa menarik non user dengan memberikan motivasi lebih untuk mencoba produk, tetapi strategi yang lebih umum supaya penjualan establish brand meningkat adalah menarik konsumen yang menggunakan brand competitor. Hal tersebut dapat ditempuh melalui cara-cara seperti kupon, bonus pack, atau premium offers. Selain itu, marketer juga bisa meraih pengguna brand competitor dengan sampling atau tipe-tipe lain program promosi.
Marketer mencoba untuk meningkatkan penjualan dari sebuah establish brand melalui beberapa cara dan sales promotion bisa memainkan peranan penting di tiap-tiap cara tersebut. Suatu cara meningkatkan konsumsi atas produk adalah dengan mengidentifikasi kegunaan baru dari brand. Strategi lain yang bisa digunakan yaitu melalui promosi-promosi yang menarik minat baik non user suatu produk maupun pengguna produk dari brand competitor. Sales promotion bisa menarik non user dengan memberikan motivasi lebih untuk mencoba produk, tetapi strategi yang lebih umum supaya penjualan establish brand meningkat adalah menarik konsumen yang menggunakan brand competitor. Hal tersebut dapat ditempuh melalui cara-cara seperti kupon, bonus pack, atau premium offers. Selain itu, marketer juga bisa meraih pengguna brand competitor dengan sampling atau tipe-tipe lain program promosi.
3)
Defending Current Customers
Dengan semakin banyaknya brand-brand baru yang memasuki pasar setiap
hari dan para competitor yang mencoba meraih konsumen lewat iklan yang agresif
dan usaha sales promotion, banyak perusahaan mengarahkan program sales
promotion kepada konsumen-konsumen yang telah ada dan mempertahankan pangsa
pasar mereka. Hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan konsumen yang sudah
ada adalah memenuhi mereka dengan produk-produk serta membawa konsumen keluar
dari pasar pada waktu-waktu tertentu. Misalnya memberikan harga promosi atau
kupon bonus pembelian atas suatu produk.
4)
Targeting a Specific Market
Segment
Banyak perusahaan menfokuskan usaha marketing mereka pada segmen pasar
yang spesifik dan selalu mencari jalan demi meraih target audience mereka. Hal
ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat-alat sales promotion dan mengarahkan
program-program sales promotion pada status kelompok-kelompok pengguna secara
spesifik.
5)
Enhancing Integrated Marketing
Communication and Building Brand Equity Tujuan akhir sales promotion
berorientasi konsumen adalah meningkatkan usaha-usaha IMC untuk brand atau
perusahaan. Membangun brand equity dan image biasanya dilakukan melalui iklan. Tetapi,
teknik sales promotion seperti kontes dan premium offers sering digunakan untuk
mengambarkan perhatian kepada iklan, meningkatkan keterlibatan dengan pesan dan
produk/jasa, serta membantu membangun hubungan dengan konsumen.
b.
Strategi Sales Promotion
Berorientasi Perdagangan
·
Objectives of trade oriented
sales promotion
1)
Obtain distribution for new
products
Promosi
perdagangan biasanya digunakan untuk mendorong retailer memberikan rak/tempat
bagi produk baru. Industri-industri menyadari bahwa rak yang tersedia di
supermarket, toko obat, dan retail outlet jumlahnya terbatas. Sehingga mereka
menyediakan retailers dengan financial insentif untuk stok produk-produk baru.
2)
Maintain trade support for
established brands
Promosi
perdagangan sering didesain untuk memelihara distribusi dan mendukung
perdagangan untuk berdirinya merek. Merek pada tahap dewasa oleh siklus
produknya rentan kehilangan grosir dan eceran distribusi, khususnya jika mereka
tidak dibedakan dari competitor produk baru.
3)
Encourage retailers to display
established brands
Tujuan
lain dari promosi berorientasikan perdagangan adalah mendorong retailers untuk
memajang dan mempromosikan sebuah merek. Pedagang mengakui bahwa banyak tujuan
pembelian dibuat pada saat menampilkan promosi dengan cara yang istimewa dari
penjualan. Tujuan yang penting adalah mempertahankan retail store display dari
sebuah produk dari raknya yang biasanya.
4)
Build retails inventories
Industri-industri
biasanya menggunakan promosi perdagangan untuk membangun inventarisasi tingkat
pengecer atau jaringan anggota yang lain.
·
Types of trade oriented
promotions
1)
Contests and incentives
Industri-industri
biasa menumbuhkan persaingan atau program insentif special untuk lebih
menstimulasi upaya penjualan dan mendukung management reseller atau personal
seles. Persaingan atau program insensif dapat diarahkan ke manager yang bekerja
untuk sebuah grosir atau distributor sebaik menyimpan atau department manager
pada tingkat retail. Industri sering mensponsori kontes untuk reseller dan menggunakan
hadiah seperti perjalanan atau barang berharga sebagai imbalan untuk memenuhi
kuota penjualan atau tujuan-tujuan lain.
2)
Trade allowances
ü
Buying allowances
Pembelian tunjangan adalah kesepakatan atau diskon yang ditawarkan
kepada pedagang dalam bentuk pengurangan harga pada barang yang dipesan selama
periode yang tetap.
Contohnya adalah gratis 1 untuk setiap 10 kali pembelian.
Contohnya adalah gratis 1 untuk setiap 10 kali pembelian.
ü
Promotional allowances
Suatu bentuk promosi dimana industri-industri produk memberikan
pengurangan harga untuk retailers dan wholesalers yang membeli produk industry
tersebut.
ü
Slotting allowances
Suatu bentuk promosi dimana bila retailers mengadakan event atau
kegiatan yang berhubungan dengan suatu produk industry maka industry yang
bersangkutan akan memberikan pengurangan harga.
3)
Display and point of purchase
materials
Display POP (Point of Purchase) merupakan alat yang penting dalam
promosi karena dapat membantu industri untuk lebih efektif dalam menunjukkan
produk-produknya. Berdasarkan fakta sebuah studi, keputusan membeli yang
dilakukan oleh 2 dari 3 konsumer terjadi pada saat berada di retail stor.
4)
Sales training programs
Suatu program dimana retailers dan wholesellers memberi pelatihan pada
resellers untuk meningkatkan penjualan, yaitu dengan memberikan informasi
seputar kegunaan, keuntungan dan manfaat dari suatu produk.
5)
Trade shows
Aktivitas promosi penting yang ditargetkan untuk resellers adalah trade
shows yaitu sebuah forum dimana industry-industri dapat mendisplay produk
mereka sehingga dekat dengan konsumen.
6)
Cooperative Advertising
ü
Horizontal cooperative
advertising
Iklan yang disponsori oleh suatu kelompok retailers atau organisasi lain
penyedia produk atau jasa utuk pasar.
ü
Ingredient sponsored cooperative
advertising Dukungan oleh industri raw materials ; hal itu bertujuan untuk
mempertahankan produk yang sudah ada yang termasuk material company.
ü
Vertical cooperative advertising
Industry membayar porsi iklan yang dilakukan oleh retailers untuk
mempromosikan produk industrri.
2.
Consumer-market Sales Promotion
Techniques
a.
Coupons (kupon)
Sertifikat yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan
harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat
dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalm iklan di
majalah dan Koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan penghematan 15%
sampai 20%
b.
Price-off Deals
Memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya
potongan harga berkisar dari 10% -25%.
c.
Premium and advertising
specialties
Barang yang ditawarkan dengan biaya yang relative rendah atau gratis
sebagai insentif untuk membeli produk tertentu. Premi dengan paket menyertai
produk di dalam atau pada kemasan. Kemasan itu sendiri, jika berupa wadah yang
dapat digunakan kembali dapat berfungsi sebagai premi. Contohnya: sabun lux
melakukan promosi yang menyelipkan cincin berlian dalam kemasannya.
d.
advertising specialties mempunya
3 elemen kunci, yaitu: a message, place on a useful item, and given to
consumers with no obligation. Contohnya kalender, t-shirts, coffe mugs, topi
base ball, pens and computer mose pad.
e.
Contest and sweepstakes (Kontes
dan Undian)
Hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai,
perjalanan atau barang-brang karena membeli sesuatu. Ada juga beberapa kontes
tentang mebuat jingle suatu produk.
f.
Sampling and trial offers
(pemberian contoh produk)
Penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat
dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan
pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sample
adalah cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk
baru. teknik yang dipergunakan pada sampling
ü
In-store sampling
Yang umum
digunakan untuk produk-produk makanan dan kosmetika.
ü
Door-to-door sampling
Teknik
ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika
pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target
yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
ü
Mail sampling
Mengirimkan
sample melalui jasa pos. Sekali lagi perusahaan harus mengetahui kode daerah
pos yang dapat ditargetkan. Bisa juga jasa layanan pos merupakan alternative
dari distribusi door-to-door.
ü
Newspaper sampling
Teknik
yang popular pada beberapa tahun terakhir ini dan hampir 42% konsumen melapor
menerima sample
ü
On-Package sampling
Teknik
dimana sample barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk
Brands Targeted Contohnya: Pembelian RInso Berhadiah Molto Softener kemasan
kecil. Pembelian shampoo pantene berhadiah conditioner pantene.
ü
Mobile sampling
Membawa
keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat
perbelanjaan.
g.
Brand (Product) placement
Salah satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar dengan
memasukan produk pada sebuah acara televise atau film.Contoh: agent inggris
007, james bond, menggantikan mobil Aston martin sports dengan New BMW Z3,
suatu penempatan merk pada film golden eye sehingga pihak promosi BMW
menghasilkan 6000 pesanan untuk tipe Z3.
h.
Rebates (Rabat/ tawaran
pengembalian tunai)
Memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukan pada
took pengecer. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen.Dikenal
dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.
i.
Frequency (Continuity) programs
Ini merupakan salah satu teknik sales promotionâl yang popular diantara
konsumen. Frequency programs, juga mengarah kepada program-program yang
berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis
untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk
atau perusahaan yang sama.
j.
Event Sponsorship
Ketika perusahaan mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap
mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada
acara tersebut sehingga membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dengan
para penonton di acara tersebut.Contoh: Bank Mandiri mensponsori acara berbagi
dengan aceh, Wishmilak mengadakan pertandingan Tennis international di Bali.
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Setiap perusahan baik itu perusahaan kecil atau pun
perusahaan besar pasti melakukan promosi penjualan yang di maksudkan untuk
memperoleh laba yang di inginkan suatu perusahaan tersebut, besar kecilnya
biaya promosi penjualan yang dilakukan perusahaan tersebut tergantung dari
seberapa besar bisnis perusahaan tersebut. Karena promosi penjulan merupakn
suatu alat yang di gunkan oleh perusahaan untuk kegiatan perencanaan atau
kegiatan dari suatu organisasi/perusahaan agar dapat mencapai sasaran sehingga
tujuan yang diinginkan dapat terwujud.
Dengan menetapkan promosi penjulan yang akan di
lakukan, maka perusahaan akan menentukan strategi dan teknik yang tepat dalam
menentukan promosi penjulan dari produk yang dihasilkan. Sehingga dengan
promosi penjualan, produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan tepat sasaran
terhadap konsumen dan dengan promosi penjualan mampu mempengaruhi konsumen
untuk membeli produk perusahaan dengan segera.
0 komentar:
Post a Comment